Pelepasan Dokter Internship RS. Moh Ridwan Meuraksa.

Pada Jumat, 12 Januari 2018, Rumah Sakit Tk. II Moh. Ridwan Meuraksa melepas 7 orang dokter internsip yang telah melaksanakan magang selama 4 bulan. Berikut ini daftar nama dokter yang dilepas oleh Kepala Rumah Sakit Kolonel Ckm (K) dr. Dian Andriani, SpKK, M. Biomed, MARS, FINSDV

  1. dr. Adhi Pratama
  2. dr. Asri Alifa Sholehah
  3. dr. Adlina Putrianti
  4. dr. Reza Ferizal
  5. dr. Yuni Adriani
  6. dr. Auliana Danisya
  7. dr. Ajeng Permata A

Ke tujuh dokter di atas akan melanjutkan program magangnya di Puskesmas kecamatan Cipayung.

 

 

Para dokter Internsip foto bersama kepala RS Moh Ridwan Meuraksa, Wakarumkit dr. Edli Warman, SpOT (K) Spine, Ketua Akreditasi Letkol Ckm dr. Librantoro, SpJP, Ketua Komite Medik Letkol Ckm (K) dr. Eny Ambarwati, SpPD, Kol drg. M. Zaelani, SpProst, MARS, Kainstaldik Mayor Ckm (K) dr, Nanik, SpPK dan dr Bonita selaku dr pendamping

 

Program dokter internsip di Jakarta dijalankan selama 12 bulan dengan 4 bulan di RS dan masing-masing 4 bulan di Puskesmas kecamatan dan Puskesmas Kelurahan. Ini adalah program pemandirian dokter yang baru saja lulus untuk menyelaraskan hasil pendidikannya dengan kondisi di lapangan.

 

 

Kepala RS Moh Ridwan Meuraksa dr dian memberikan cinderamata kepada para dokter Internsip

 

 

Program ini dibuat untuk kepentingan dokter agar mereka siap dan sudah mahir ketika kelak menjalankan prakteknya secara mandiri. Program yang diwajibkan oleh World Federation of Medical Education, lembaga pendidikan dokter yang berada di bawah World Health Organization (WHO).

 

 

 

Saat ini masa pendidikan dokter dipersingkat menjadi 5,5 tahun. Untuk itu masih diperlukan pemahiran dokter.


Program internship yang dikelola oleh Komite Internsip Dokter Indonesia (KIDI) terdiri dari Kementerian Kesehatan, PB IDI, Kolegium Dokter Indonesia, ARSADA, dan AIPKI.

Rumah Sakit Moh Ridwan Meuraksa menjadi salah satu wahana internship. ASN Dokter Bonita selaku dokter pendamping di RS Moh Ridwan Meuraksa juga sudah dilatih oleh KIDI dan mendapatkan akreditasi dari Kemenkes. Penanggung jawab kegiatan ini adalah Instalasi Pendidikan yang dipimpin oleh Mayor CKM (K) dr. Nanik Prasetyoningsih, M.H, Sp.PK.

 

Kepala dan Wakil Kepala RS foto bersama para dokter Internsip

 

 

dr. Dian Andriani RD, Sp.KK, M.Biomed, MARS,FINSDV selaku Kepala Rumah Sakit berharap para dokter yang telah dibimbing di RS Tk. II Moh Ridwan Meuraksa dapat mengabdikan ilmunya di masyarakat setelah menyelesaikan program Internsip.